Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Eksfoliasi dan Tips Memulai Eksfoliasi

 


Banyak banget nih yang nanya sama aku sebenarnya apa sih eksfoliasi ? Terus gimana nih kalau mau mulai eksfoliasi ?, dan sebenarnya eksfoliasi itu ada berapa macam sih ? Buat kalian yang penasaran tentang eksfoliasi lanjut terus yaa baca artikel aku ini.

 

 

Apa itu eksfoliasi

Hari ini aku bakalan bahas satu topik yang udah banyak banget di request sama kalian yaitu tentang eksfoliasi. pertama-tama aku mungkin bakal singgung Sedikit nih sebenarnya eksfoliasi itu apa sih.

 

Jadi eksfoliasi itu adalah suatu tindakan untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, singkatnya seperti itu.

 

 

Jenis-jenis eksfoliasi

Nah eksfoliasi sendiri itu dibagi menjadi dua yang pertama adalah physical exfoliator dan yang kedua adalah chemical exfoliator.

 

1.     Physical exfoliator

Aku bakal bahas yang pertama dulu ya yang physical exfoliator, nah physical exfoliator itu adalah segala sesuatu yang bertekstur yang dipakai dengan tujuan untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati. Ini yang termasuk di dalam physical exfoliator itu misalnya office brush face Ponds atau juga skrub.

 

Skrub disini tuh juga banyak banget nih contoh-contohnya misalnya kayak biji-bijian, butir-butiran, atau bahkan ada yang garam dan juga kopi untuk dijadiin skrub.

 

Seperti udah ngejelasin tadi kalau physical exfoliator tadi itu kan adalah eksfoliasi yang bentuknya fisik, tapi yang perlu jadi catatan kalian harus banget memilih physical exfoliator yang bahannya tidak terlalu kasar, yang teksturnya lebih lembut supaya kalian nggak dapetin efek buruk buat dikulit kalian. Catatan kedua untuk kalian yang pengen pake physical exfoliator jadi

untuk yang kulitnya bener-bener sensitive aku tidak merekomendasikan menggunakan physical exfoliator karena menggunakan physical exfoliator pada kulit yang benar-benar sensitif itu bisa banget menambah iritasi di kulitnya.

Catatan ketiga kalau kalian yang tipe kulitnya berjerawat dan pengen pake physical exfoliator sebaiknya ditunda dulu jadi memang physical exfoliator ini tidak boleh atau tidak direkomendasikan digunakan pada yang kulitnya sedang berjerawat karena bisa banget menambah peradangan jerawatnya.

 

2.     Chemical exfoliator

sekarang aku bakal lanjut bahas tentang chemical exfoliator, jadi chemical exfoliator itu adalah eksfoliasi dari bahan kimia, ada tiga yang termasuk   edalam chemical exfoliator. Yaitu :

 

a.     AHA ( Alfa hidroksi acid )

Ada beberapa yang termasuk didalamnya, pertama ada citric acid, yang

kedua ada glycolic acid, yang ketiga ada lactic acid yang keempat ada malic acid, yang kelima ada mandelic acid, dan yang keenam ada tartaric acid.

 

b.     BHA (Beta hidroksi acid )

Yang termasuk didalamnya adalah salicylic acid

 

c.      PHA ( polyhydroksy acid ) dan ada

Yang termasuk didalamnya ada dua, yang pertama itu adalah lactobionic

acid dan yang kedua adalah gluconolacton

 

Banyak juga yang bilang kalau AHA dan PHA itu sebenarnya kayak saudara gitu jadi bedanya adalah PHA itu punya molekul yang lebih besar sehingga lebih sulit untuk penetrasi atau masuk ke dalam kulit itu sebabnya PHA ini lebih sedikit menimbulkan iritasi dibandingkan menggunakan AHA.

 

 

Tips eksfoliasi

Tadi aku udah jelasin ini apa itu physical exfoliator dan juga chemical exfoliates sekarang aku bakalan kasih tips untuk memulai eksfoliasi.

 

1. Aku menyarankan buat kalian yang pengen memulai menggunakan physical exfoliator pastiin dulu kalau kalian pake yang teksturnya tidak terlalu kasar.

2. Terus yang kedua jangan terlalu sering menggunakan physical exfoliate terjadi memang dibatasi kalau bisa seminggu dua sampai tiga kali aja.

3.  Kalau misalnya kalian pake face brush, atau face spons, atau pun juga skrub jangan gosok terlalu keras di wajah kalian supaya kalian nggak iritasi dan supaya skin barrier kalian enggak rusak.

Buat kalian yang pengen mulai pake chemical exfoliator aku bakalan kasih tipsnya nih,

 

1.     Mulai dari dosis atau konsentrasi yang paling rendah dulu.

2.  Kalau kalian mau mulai coba pakai Pilihlah produk yang kandungannya satu persatu, missal kalian pengen pake yang AHA terlebih dahulu jadi kalian pilih jangan yang ada campuran BHA atau juga PHA jadi memang bener Pilihlah salah satu kandungan chemical expolieter nya

 

 

Tips selanjutnya nih buat kalian yang pengen pake physical exfoliator, yaitu :

1.     Untuk kalian yang punya kulit tipenya berjerawat dan juga berminyak sebaiknya kalian memilih yang BHA atau salicylic acid nih

2.     Kalau misalkan nya kalian tipe kulit normal terus kering juga bisa sebenarnya pakai yang AHA jadi memang selain AHA ini bisa untuk mengevaluasi dan mengelupaskan sel-sel kulit mati, dia juga bisa memberikan kelembaban kalau konsentrasinya tidak terlalu tinggi ya.

3.     Untuk kalian yang tipe kulitnya bener-bener sensitif banget direkomendasikan menggunakan PHA karena dia lebih sedikit menimbulkan iritasi yang teruji

 

Catatan terakhir buat kalian yang pengen mulai eksfoliasi jadi eksfoliasi itu memang sebenarnya gak perlu dilakukan setiap hari ada beberapa kondisi seperti bruntusan, terus yang berjerawat terus tekstur kulit yang tidak merata atau warna kulit yang enggak merata yang mungkin membutuhkan eksfoliasi.

 

Sekian penjelasan aku tentang eksfoliasi semoga kalian udah nggak bingung lagi nih dan udah ngerti sebenarnya apa sih eksfoliasi dan gimana caranya kalau kalian mau mulai melakukan eksfoliasi.