Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu SPF dan PA ? Yuuk Pahami Sebelum Beli Sunscreen

 


Pasti kalian udah denger dong manfaat dari vitamin D dan kalian berlomba-lomba untuk dapetin vitamin D yang alami yaitu dari matahari tapi banyak banget dari kalian itu yang masih belum tahu kapan sih waktu yang tepat untuk berjemur sehingga banyak banget juga dari kalian yang makin kesini ngerasa kulitnya kok makin belang karena berjemur dan banyak juga dari kalian yang sekarang punya hobi buat sepeda. Itu juga bisa bikin kalian punya kulit yang belang.

 

Maka dari itu hari ini aku bakalan bahas nih ke kalian sebenarnya seberapa penting sih penggunaan sunscreen ?, gimana cara memilih sunscreen yang tepat ? dan gimana supaya kalian bisa dapetin efek yang maksimal dari penggunaan sunscreen kalian.

 

 

Apa itu sinar UV

Jadi secara umum kalian tuh mungkin udah sering denger yang disebut sinar ultraviolet atau yang biasa kita sebut dengan sinar UV, jadi sebenarnya apa sih sinar ultraviolet itu. Sinar ultraviolet atau yang biasa kita sebut dengan sinar UV itu terbagi menjadi tiga ada UV A, UV B, dan UV C.

 

Bedanya apa sih kalau misalkan UV A adalah sinar  matahari yang bisa menembus sampai ke lapisan dermis kulit kita. Jadi secara umum kulit kita tuh dibagi yang epidermis sama dermis. kalau misalnya UV A itu bisa nimbus sampai ke dermis dan dia itu bisa berperan penting dalam proses penuaan atau aging dan juga berperan pada proses terbentuknya Cancer atau kanker kulit

 

Yang kedua itu ada UV B, sebenarnya 90% dari UV B itu akan diserap sama lapisan ozon dan hanya 10% yang akan masuk ke bumi dan bisa kena ke kulit kita. kalau misalnya UV B itu kan dia hanya bisa menembus sampai lapisan epidermis saja jadi lapisan luar kulit kita sehingga kalian kalau yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama itu bisa mengalami sumber atau kulit terbakar karena UV B.

 

Sedangkan untuk yang UV C itu adalah sinar yang benar-benar semuanya itu terserap sama lapisan ozon, tapi kalian tetap bisa kena sinar uv-c itu. Dari yang pertama tuh dari lampu UV yang kalau kalian Mungkin lihat banyak produk untuk mensterilkan yang mengandung sinar UV, dan juga lewat laser.

 

 

Apa itu SPF

Kalau misalkannya nih kita bicara tentang sunscreen, kita bicara tentang sinar matahari, dan bicara tentang sinar ultraviolet, kita pasti akrab banget sama sebutan SPF atau PA. SPF itu adalah Sun protective Factor, jadi kata-kata SPF itu dipakai sebagai indikator Untuk melihat seberapa besar sih perlindungan kita terhadap paparan sinar UV B.

 

SPF itu memang ada berbagai macam mulai dari yang 15, 30, 50 atau bahkan ada yang lebih tinggi lagi, cuma secara umum yang mungkin kita temuin di berbagai produk itu hanya mulai dari 15, 30 dan juga 50.

 

untuk SPF 15 itu menunjukkan bahwa perlindungan kita terhadap sinar UV B itu sebesar 93 persen. Untuk yang SPF 30 itu menandakan bahwa perlindungan kita terhadap sinar UV B sebesar 97 persen dan untuk yang SPF 50 itu menandakan bahwa perlindungan kita terhadap sinar UV ini sebesar 98%.

 

 

Apa itu PA

Di berbagai produk sunscreen kalian juga akan mungkin nemuin tulisan PA yang ada tanda + di belakangnya. PA itu adalah sebuah indikator untuk menilai seberapa besar sih perlindungan kita terhadap Sinar UV A.

 

Simulai dari yang PA +, yang plusnya satu itu menandakan bahwa perlindungan kita terhadap sinar UV A itu ringan atau kecil. Terus untuk yang PA plus-plus, atau yang tanda + nya ada 2, menandakan bahwa perlindungan kita terhadap sinar UV itu termasuk yang sedang. Untuk yang PV + + + atau plus nya ada tiga itu menandakan bahwaperlindungan kita terhadap sinar UV itu tinggi. Sedangkan untuk yang PA plus plus plus plus atau plus nya ada empat itu menandakan bahwa perlindungan kita terhadap sinar UV itu lebih tinggi lagi

 

 

Berdasarkan dari FDA di US mereka mengklasifikasikan bahan-bahan yang bisa untuk disebut sebagai UV filter itu menjadi tiga golongan, yang pertama adalah bahan yang hanya bisa untuk memfilter UV A. Yang kedua ada yang untuk filter UV A dan UV B. Sedangkan yang ketiga itu adalah untuk filter terhadap UV A dan UVB.

 

yang paling penting dari semua yang aku bicarain tadi itu adalah penggunaan sunscreen itu adalah wajib banget kalian pakai apalagi kalau misalnya kalian tuh mungkin banyak aktivitas di luar ataupun kalian mungkin punya hobi baru yang  membuat kalian tuh banyak kena paparan matahari.

Kesimpulan

Dan yang paling penting nih buat kalian ingat SPF yang tinggi atau PA Plus Plus Plus Plus yang udah Kalian pakai diproduk sikn care kalian itu enggak bisa melindungi kalian berjam-jam atau bahkan kalian cuma pakai sekali pas pagi hari terus kalian berharap itu akan bertahan sampai sore hari itu enggak, jadi walaupun kalian udah pakai produk Skin Care atau produk sunscreen dengan kandungan SPF

tinggi dan tulisan PA Plus Plus Plus Plus kalian tetap wajib mengaplikasikan sunscreen kalian itu setiap dua jam supaya kalian bener-bener dapetin manfaat dari penggunaan sunscreen tersebut.

 

Dari semua penjelasanku tentang sinar UV terus gimana Cara pakainya dan apa itu SPF dan juga PA, aku harap kalian bisa ngerti sekarang gimana cara pakai sunscreen dan gimana cara supaya kalian dapetin efek sunscreen tersebut lebih baik di wajah kalian dan supaya kulit kalian udah enggak blank lagi.