Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Double Cleasing Wajib Dilakukan ?

 


Sebenarnya double cleansing itu enggak wajib loh ? mau tahu alasannya ? lanjut terus yaa baca artikel aku ini. Biar kalian gk penasaran dan mengerti semua hal tentang si double cleansing ini.

 

 

Apa Itu Double Cleansing ?

Pada artikel kali ini aku bakalan bahas satu topik tentang double cleansing. mungkin udah banyak nih dari kalian yang udah pernah baca atau mungkin dengar apa sih double cleansing itu.

 

Jadi double cleansing singkatnya adalah membersihkan wajah dua kali, tapi double cleansing ini tuh sering banget disalah artikan bahwa double cleansing itu wajib dikerjakan oleh semua orang setiap harinya. Padahal double cleansing itu tidak perlu dilakukan oleh semua orang loh, jadi ada mungkin orang-orang tertentu yang memang harus banget ngelakuin double cleansing supaya pembersihan wajahnya lebih bagus.

 

 

Sejarah Singkat Double Cleansing

jadi aku mau cerita sedikit, kalau misalnya double cleansing itu pertama kali itu ada di Jepang, karena di Jepang itu ada acara Geisha dimana pada acara tersebut para wanita di Jepang itu akan menggunakan make up yang bener-bener tebel banget di wajah mereka.

 

Mereka itu akan melakukan double cleansing untuk memastikan bahwa mereka tuh bener-bener bisa ngebersihin bekas-bekas makeup yang mereka pakai. Mereka tuh merasa dengan melakukan double cleansing itu tuh kulit mereka tuh bisa jauh lebih bersih dan tidak menyebabkan bekas-bekas make-upnya  masih ada di wajah mereka.

 

Bermula dari Jepang akhirnya metode double cleansing ini juga diberlakukan di Korean Skin Care Routine, dimana mereka juga tetap melakukan double cleansing untuk membersihkan wajah mereka. Dari Korean Skin Care Routine ini akhirnya banyak dari kita juga yang melakukan double cleansing dan mengikuti metode mereka untuk membersihkan wajah kita.

 

 

Orang Yang Wajib Double Cleansing

sebenarnya double cleansing itu tidak wajib untuk dikerjakan pada semua orang, jadi hanya pada orang tertentu saja yang memang disarankan untuk mengerjakan atau melakukan double cleansing, yaitu:

 

1.     Make up seharian full / Waterproof

orang-orang yang biasa menggunakan makeup dalam jangka waktu yang lama dan juga seharian menggunakan make up apalagi make up yang waterproof, jadi mereka itu setelah melakukan aktivitas memang disarankan untuk melakukan double cleansing supaya bisa benar-benar menghapus makeup mereka.

 

2.     Tinggal di tempat polusi tinggi

Diperlukan dilakukannya double cleansing itu adalah pada orang-orang yang mungkin tinggal di tempat yang polusi udaranya tuh sangat sangat besar.

 

3.     Orang dengan mobilitas tinggi

bila orang tersebut terburu-buru banget dalam membersihkan wajah, jadi mereka tuh cenderung melewatkan beberapa spot dalam pembersihan wajahnya sehingga dibutuhkan double cleansing untuk benar-benar ngebersihin wajah mereka.

 

4.     Belum menemulan cleansing yang tepat

Yang keempat bisa dikerjakan double cleansing nya pada orang-orang yang mungkin belum menemukan satu step cleansing yang bisa membersihkan wajah mereka secara benar.

 

 

Cara Double Cleansing

Untuk double cleansing ini itu tuh ada beberapa cara yang dikerjakan Aku bakal bagi menjadi tiga, yaitu :

 

1.     oil-based cleanser dilanjutkan dengan water-based

2.     menggunakan micellar water dilanjutkan dengan water-based Cleanser

3.     water-based cleanser dan diulang dengan water-based cleanser

 

 

Tujuan Double Cleansing

Untuk metode yang pertama yang oil best cleanser dilanjutkan dengan water-based cleanser itu mempunyai tujuan umum bersihkan makeup makeup yang waterproof dan juga sunscreen yang kita pakai. Karena memang oil-based cleanser atau cleanser dengan basis yang minyak itu lebih bisa mengangkat make-up make-up yang waterproof yang kita pakai di wajah kita.

 

Untuk metode yang kedua yang micellar water dilanjutkan dengan water-based cleanser itu bisa dipakai micellar water pada orang-orang yang memang tidak suka membersihkan wajah mereka dengan cleanser berbasis minyak, jadi mereka lebih senang menggunakan yang basis air karena cenderung tidak lengket cuma memang untuk yang micellar water ini biasanya kurang efektif untuk membersihkan make-up make-up yang waterproof.

 

Selanjutnya untuk yang water-based cleanser dilanjutkan dengan water-based cleanser itu sebenarnya pemilihan cleanser basis air ini tuh bisa berbagai macam ya, bisa yang gel atau yang form, itu tergantung dari masing-masing orangnya. Tapi untuk metode ketiga ini yang water-based cleanser dilanjutkan dengan water-based cleanser itu sebenarnya tidak direkomendasikan untuk orang-orang dengan kulit yang kering dan sensitive, karena dengan melakukan metode ini biasanya setelah selesai itu akan merasa kulitnya itu kering dan juga kayak ketarik gitu.

 

 

Efek Negatif Double Cleansing

Meskipun tadi aku udah jelasin kalau double cleansing itu juga bisa bermanfaat bagi sebagian orang, tapi perlu diingat bahwa double cleansing itu juga bisa menyebabkan efek samping, ada dua efek samping yang bener-bener parah yang bisa kalian dapetin kalau kalian rutin melakukan double cleansing padahal kalian Mungkin di rumah aja atau kalian mungkin jarang pergi-pergi atau bahkan kalian nggak menggunakan make up tapi yang benar-benar waterproof.

 

1.     Meningkatkan transepidermal water loss

Yang pertama double cleansing itu bisa meningkatkan transepidermal water loss water loss di kulit kalian dan juga bisa menyebabkan kulit kalian itu menjadi benar-benar kering bahkan bisa menjadi yang sensitif karena menggunakan cleansing yang bahannya keras dan mengiritasi kulit.

 

2.     Penggunaan oil based cleanser bisa meninggalkan residu

bisa   aja pada saat kalian menggunakan oilnya ini tuh tidak teremulsi dengan baik sehingga bisa meninggalkan residu atau bekas di wajah kalian, yang mana itu akan menyumbat pori-pori kalian dan lebih mudah membuat kalian muncul komedo atau berjerawat.

 

 

Dari apa yang sudah aku jelasin tadi aku berharap kalian bisa lebih mengerti bahwa  double cleansing itu bukan sesuatu yang wajib banget kalian lakukan setiap hari apalagi kalau kalian itu di rumah aja, kalian tidak menggunakan make up yang waterproof dan kalian tidak sering pergi pergi ketempat-tempat yang berpolusi, kalian tuh nggak butuh melakukan double cleansing kecuali kalian melakukan hal-hal yang sudah tadi aku sebutin dan mungkin membutuhkan double cleansing untuk membersihkan wajah kalian karena dengan melakukan double cleansing setiap hari itu juga bisa menyebabkan efek yang buruk buat kulit kalian.