Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Niacinamide Bagus Untuk Mencerahkan Kulit ?

 


Assalamualaikum semuanya, sebelum mulai artikelnya aku mau tanya dulu nih, emang niacinamide itu emang beneran bagus ya buat mencerahkan kulit ? nah artikel kali ini aku bakalan bahas nih tentang si kandungan yang lagi naik daun dalam dunia skin care tanah air yaitu niacinamide.

 

Buat kalian yang penasaran penjelasannya itu kayak gimana sih sebenarnya khasit atau manfaat niacinamide buat kulit wajah kita, lanjut terus baca artikelnya sampai habis yaa. Biar gk penasaran dan tau semua informasi mengenai niacinamide.

 

 

Apa itu Niacinamide

Jadi niacinamide ini adalah salah satu kandungan yang udah banyak banget mulai dipakai di Skin Care dan lagi terkenal banget juga. Sebelum aku bahas nih gimana sih cara kerjanya niacinamide terus bagaimana dosis yang tepat untuk kalian pakai.

 

Aku bakalan kasih tahu dulu nih kalau sebenarnya niacinamide itu merupakan derivat / turunan dari vitamin B3 yang punya fungsi untuk mensupresi atau menekan produksi melanin supaya nggak nyampe ke permukaan kulit. Ini seperti yang mungkin kalian udah tahu, kalau misalkan ada banyak melanin di permukaan kulit itu akan bikin flek-flek hitam di kulit kalian, selain bisa menyebabkan hiperpigmentasi kalau misalnya melamin kebanyakan di permukaan kulit dia juga bisa bikin tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan juga garis-garis halus di wajah kalian

 

 

Fungsi Niacinamide

fungsi yang pertama dari niacinamide dia itu adalah memperkuat skin barrier kulit

kita dan memperkuat pertahanan kulit kita, jadi seperti yang kalian udah tahu kalau misalnya skin barrier itu adalah pertahanan kulit kita dari polusi dan juga dari kerusakan-kerusakan lain selain itu juga skin barrier penting banget karena dia bisa menjaga kelembapan dari kulit kita

 

Selain itu niacinamide ini tuh juga meningkatkan ceramide yaitu lipid dan juga protein, dimana lipid dan protein ini tuh bagus banget untuk menjaga kulit kita tetap terhidrasi dan tetap lembab

 

Fungsi yang kedua itu adalah sebagai antioksidan, yang ketiga dia juga sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, dia punya fungsi sebagai antipigmentasi atau untuk menangani flek-flek hitam dan yang terakhir dia punya fungsi untuk mengontrol produksi sebum di kulit kita.

 

 

Kenapa Harus Niacinamide

Sebenarnya kan untuk mencerahkan kulit udah banyak banget nih kandungan-kandungan yang bisa dipake, tapi kenapa sih kok niacinamide ini merupakan salah satu kandungan ia gak kalah bagus juga nih dibandingkan dengan produk-produk atau kandungan yang lain.

 

Hal itu karena yang pertama niacinamide itu tuh enggak gampang teroksidasi, jadi kalau misalnya vitamin C itu memang gampang banget nih teroksidasi sehingga berubah warna dan juga bisa berubah bau nah sedangkan untuknya niacinamide dia itu cenderung tidak mudah untuk teroksidasi sehingga dia tidak mudah berubah warna dan tidak mudah juga untuk berubah baunya.

 

Selain itu niacinamide termasuk yang harganya tidak terlalu mahal jadi memang masih terjangkau dibandingkan mungkin beberapa kandungan seperti glutathion dan juga Alfa arbutin. Hal lainnya niacinamide itu bisa dipakai di tipe kulit apapun dan dia juga cenderung lebih stabil serta bisa ditolerir oleh tipe-tipe kulit baik yang berjerawat, yang kering, yang berminyak, atau juga yang acne-prone dia juga tetap bisa dipakai

 

 

Aturan Pakai Konsentrasi Niacinamide

Jadi sebelum kalian memulai untuk pakai niacinamide aku bakal kasih tahu dulu nih kalau niacinamide konsentrasinya itu dibagi dua nih

 

Yang pertama kalau untuk mengobati jerawat terus dermatitis atau peradangan kulit itu kamu bisa pakai yang konsentrasinya 2 - 4 persen. Kemudian yang kedua

kalau kalian pingin pakainya si niacinamide untuk keperluan mengobati flek flek hitam atau hiperpigmentasi kalian bisa pakai yang konsentrasinya 4 -5 persen.

 

 

Efek Samping Niacinamide

Tapi yang perlu diingat bahwa niacinamide itu juga punya efek samping nih kalau misalkan nya dipake dan sak sesuai sama orang tersebut. Jadi efek samping apa aja nih yang bisa muncul yang pertama adalah kemerahan, yang kedua ada gatal, dan yang ketiga ada iritasi.

 

Meskipun memang efek samping ini itu bisa saja terjadi cuma memang berdasarkan penelitian efek samping dari niacinamide itu termasuk yang jarang terjadi.

 

Menurut aku udah cukup untuk penjelasan singkat  aku tentang niacinamide, jadi kalau misalnya kalian memang mau mulai pakai niacinamide jadi pastiin dulu kalian mulai dengan dosis yang ringan dulu atau dengan konsentrasi yang ringan dulu yaa.

 

Semuga artikel aku bermanfaat yaa dan bisa jadi rekomendasi kalian sebelum membeli produk-produk dengan kandungan niacinamide. Sampai jumpa di artikel aku selanjutnya yaa.