Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini DIa Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat

 


Assalamualaikum semuaya, udah pada tahu belum kalau penyebab jerawat itu tuh ada banyak banget, nggak cuman satu atau dua macam aja, tapi banyak banget. Buat kalian yang mau tahu apa aja sih yang bisa menyebabkan jerawat di wajah kalian lanjut terus yaa baca artikelnya.

 

Pada artikel kali ini aku bakalan bahas nih faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Aku akan bahas semuanya satu persatu supaya kalian paham yaa.

 

 

Faktor Penyebab Jerawat Secara Umum

Jadi secara umum ada empat faktor utama yang bisa menyebabkan jerawat di wajah kamu, yaitu :

 

1.     Produksi sebum atau produksi minyak yang berlebih

2.     Adanya pori-pori yang tersumbat, ini bisa tersumbat karena debu kotoran make up ataupun juga sel-sel kulit mati

3.     Proses dysbiosis, dimana proses ini bisa terjadi ketika bakteri baik yang ada di kulit kita itu kalah dengan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan acne. Bakteri yang paling banyak menyebabkan acne atau jerawat yaitu adalah propionibacterium acnes

4.     Proses inflamasi atau proses peradangan yang akan membuat jerawat kalian itu berwarna merah, lalu juga akan berasa nyeri

 

Di antara empat faktor tersebut yang udah aku sebutin tadi itu ada dua yang akan menyebabkan noninflammatory acne dan juga ada dua yang akan menyebabkan inflammatory acne. Untuk yang penyebab minyak berlebih dan juga pori-pori tersumbat itu adalah faktor utama yang menyebabkan munculnya noninflammatory acne

untuk yang dysbiosis atau karena bakteri propionibacterium acne dan juga proses inflamasi dua faktor inilah yang akan menyebabkan terjadinya inflammatory acne.

 

 

Faktor Pendukung Penyebab Jerawat Secara Umum

Selain dari empat faktor utama tadi yang aku sebutin, ada juga nih faktor-faktor pendukung lainnya yang juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah kamu, yaitu :

1.     faktor nutrisi.

Jadi pada faktor nutrisi ini memang pada beberapa orang itu  akan bisa muncul jerawat ketika mengkonsumsi yang di re-produks. Nah apa sih yang masuk ke dalam di re-produks ? Misalnya telur, terus susu, terus juga produk-produk atau bahan makanan yang terbuat dari susu misalnya yoghurt atau keju. Memang tidak semua orang akan muncul jerawat ketika mengkonsumsi re-produks tapi pada beberapa orang mungkin akan lebih sensitif sehingga ketika mereka mungkin mengkonsumsi telur, susu, dan produk olahan susu lainnya akan lebih mudah muncul jerawat.

2.     Faktor medikasi atau obat-obatan.

Jadi ada beberapa macam obat-obatan yang bisa memicu munculnya jerawat di wajah kamu yang pertama untuk pengobatan kortikosteroid atau obat-obatan anti inflamasi masuk ke dalam golongan tersebut. untuk yang kedua konsumsi kontrasepsi oral yang mengandung hormon itu bisa menyebabkan orang-orang yang mengkonsumsi ini bisa lebih sensitif dan bisa gampang muncul jerawat. Lalu yang ketiga mengkonsumsi vitamin B12 pada beberapa orang juga akan lebih sensitive sehingga gampang muncul jerawat.

3.     Faktor polusi.

Untuk polusi ini tuh bisa dibagi dua lagi ya, yang air dan juga udara. Jadi untuk air yang tidak bersih atau kita tidak bisa jamin air tersebut bersih atau kotor itu bisa banget membuat wajah kita jadi gampang jerawatan. Lalu setelah itu juga ada polusi udara mudah ditambah juga dengan asap rokok itu juga bisa bikin wajah kita jadi gampang jerawatan.

4.     Faktor psikologi.

Faktor psikologi itu erat banget hubungannya dengan stress, jadi ketika seseorang mengalami stres maka tubuh akan merespon dengan adanya peningkatan reaksi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh dimana meningkatnya proses inflamasi ini akan meningkatkan produksi sebum atau produksi minyak di dalam kulit kita sehingga bisa menyebabkan gampangnya muncul jerawat.

5.     Faktor lifestyle.

Lifestyle ini berhubungan erat dengan produk Skin Care yang mungkin kalian sering banget gonta-ganti, lalu juga ditambah dengan pola tidur yang kurang baik atau kurang dari cukup dan yang terakhir itu adalah makeup. Penggunaan makeup memang bisa saja menimbulkan jerawat bila kalian tidak benar-benar membersihkan wajah kalian setelah menggunakan make up apalagi kalian menggunakan make up selama berjam-jam atau seharian full.

 

Nah tadi udah aku sebutin nih faktor-faktor apa aja sih yang bisa menyebabkan munculnya jerawat, Memang untuk jerawat ini tuh Nggak cuman disebabkan karena 12 hal aja jadi memang ada banyak banget faktor-faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah kamu bahkan kebiasaan-kebiasaan kita dan juga lingkungan di sekitar kita itu juga berperan penting banget dalam menyebabkan timbulnya jerawat di wajah kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dan menambah informasi untuk kalian yaa. Makasih sudah mampir di blog aku dan sampai jumpa di artikel aku selanjutnya yaa.