Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Penyebab pH Kulit Tidak Simbang dan Yang Akan Terjadi Bila pH Kulit Rusak

 


Kalian ngerasa familiar enggak sih dengan istilah pH ? pH atau Power of Hydrogen itu adalah suatu indicator untuk melihat derajat keasaman atau kebasaan dari suatu larutan. Kalian tau nggak sih kalau misalnya pH kulit kita pun juga sebenernya bisa digolongkan ke asam normal dan juga basa.

 

Apa sih efeknya sebenarnya kalau pH kulit kita terlalu asam atau pH kita terlalu basa dan emang apa aja sih faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pH kulit kita. kalian yang mau tahu semua tentang pH kulit lanjut baca yaa artikel ini.

 

 

Apa itu pH

Sebenarnya pH itu adalah singkatan dari Power of hydrogen dimana pH merupakan indicator yang dipakai untuk melihat suatu keasamaan atau kebasaan dari suatu larutan. Tapi enggak cuma larutan aja yang diukur pH-nya tapi kulit kita pun itu juga punya kadar pH yang sesuai dengan kulit kita.

 

Kulit yang sehat itu memiliki ph antara empat setengah sampai lima setengah jadi memang pH normal kulit kita itu memang asam sifatnya, kalau misalkan nya aku boleh jelasin sedikit jadi kalau untuk pH Itu dari angka 0-14 dimana 7 itu adalah pH yang netral atau yang di tengah-tengah sedangkan di atas tujuh itu adalah pH yang basa dan di bawah tujuh itu adalah pH yang asam.

 

Memang kalau misalnya tadi aku sebutin PH kulit kita diantara empat setengah sampai lima setengah itu berarti pH kulit kita masuk ke dalam pH yang asam. Kenapa sih kok pH kulit kita itu mengarah ke yang asam ? jadi memang pH yang asam Ini tuh punya tujuan supaya reaksi enzimatik di kulit kita itu tuh bekerja lebih

optimal. Selain dari reaksi enzimatik, bakteri-bakteri baik yang ada di kulit kita itu juga lebih optimal bekerja pada pH yang lebih rendah atau lebih asam dan juga skin barrier kulit kita atau yang disebut sebagai pertahanan kulit kita itu juga lebih optimal bekerja pada pH yang lebih asam.

 

 

Efek pH kulit tidak seimbang

Efeknya apa kalau misalkan nya pH kita tidak dalam keadaan yang asam atau yang seharusnya maka akan timbul beberapa masalah. Contoh masalah yang paling sering muncul nih karena pH yang terlalu basa itu adalah masalah acne dan juga exzima

 

Selain dari yang tadi aku bilang menyebabkan acne dan juga exzima secara umum ada hal-hal yang bisa timbul ketika pH itu terlalu basa, yaitu :

 

1.     Produksi sebum di dalam kulit kita

2.     Merusak skin barrier atau pertahanan kulit kita

3.     Bisa meningkatkan bakteri, di mana tadi kalau misalnya pH kita itu asam bakteri-bakteri baik dalam kulit kita itu akan optimal bekerja tetapi ketika pH kita basa berarti bakteri baik tidak optimal bekerja sehingga bakteri-bakteri yang jahat yang bisa menyebabkan acne atau proses peradangan pada kulit kita.

4.     Bisa menurunkan produksi ceremide, dimana ceremide ini berfungsi untuk menjaga kelembaban.

 

 

Faktor penyebab pH kulit tidak seimbang

Kalau tadi aku udah sebut pH kulit kita normalnya berapa terusudah gitu kalau misalkan nya terlalu basa itu efeknya apa. Sekarang aku bakal sebutin  apa aja sih faktor-faktor yang bisa menyebabkan ketidaknormalan dari pH kulit kita, jadi  secara umum faktor yang menyebabkan ketidaknormalan pH ini aku bagi menjadi dua yang pertama itu adalah faktor internal dan yang kedua adalah faktor eksternal.

 

untuk faktor internal itu ada empat contohnya

1.     Umur,

2.     Jenis kelamin,

3.     Produksi kelenjar keringat

4.     Produksi kelenjar minyak

 

Untuk faktor-faktor yang eksternal itu aku bagi lagi menjadi lima, yaitu

1.     Karena paparan sinar UV dan juga polusi udara

2.     Penggunaan kosmetik, bahan-bahan atau produk Skin Care kalian yang mengandung pH tak lebih basa

3.     Produk-produk untuk membersihkan wajah atau Cleanser dan juga cleansing macam apapun juga bisa banget mempengaruhi ketidakseimbangan dari pH kita.

4.     Obat-obatan yang mungkin diresepkan dari dokter itu juga akan bisa mempengaruhi pH kulit kita, terutama yang dioles.

5.     Diet atau makanan atau intake kita sehari-hari.

 

 

Dari apa yang aku sebutin tadi dan aku jelasin tadi tentang pH kulit Aku berharap kalau kalian itu bisa lebih selektif dalam memilih produk-produk ataupun Skin Care entah juga make up yang pH-nya sesuai dengan kulit kalian dan jangan sampai kalian salah dalam memilih produk yang nantinya malah bisa mempengaruhi kondisi pH kulit kalian.