Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata ini Penyebab dan Cara Mengatasi MILIA

 


Hai semuanya ketemu lagi di blog aku resulinfo yang membahas masalah kesehatan dan kecantikan. Kalian tahu gk sih apa itu milia ?, apa penyebabnya ?, dan cara mencegahnya ?.

 

Kalian tau nggak sih kalau misalnya Milia bisa banget dicegah dengan ngelakuin 3-step mudah aja ? buat kalian yang mau tahu apa itu Milia Gimana caranya supaya Milia yaitu bisa hilang dan sebenarnya Milia yaitu muncul dari mana aja, lanjut terus yaa baca artikelnya.

 

Apa itu Milia ?

Masih banyak banget orang-orang yang salah mengartikan Milia yaitu sebagai komedo atau. Kalian tahu enggak sih sebenarnya Milia yaitu apa sih jadi Milia yaitu adalah sebenarnya itu keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit. jadi memang bentuk Milia tuh seperti bruntusan yang warnanya sama dengan warna kulit sekitarnya, jadi dia enggak ada perbedaan warna.

Beda sama misalkan komedo itu kan memang ada sebenarnya yang whitehead atau yang blackhead.

 

 

Penyebab Milia

Penyebabnya itu berbeda kalau Milia yang seperti tadi aku bilang dia keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit Milia itu bisa disebabkan karena beberapa macam hal, yaitu :

1.     Penumpukan sel kulit mati

2.     Terjadi karena kamu abis mengalami luka atau Trauma di wajah kamu

3.     Milia bisa terjadi karena kamu habis melakukan suatu tindakan misalnya dermabrasi atau laser.

4.     Karena paparan dari sinar matahari dalam jangka waktu yang lama

 

memang penyebab yang paling sering terjadinya Milia yaitu sering banget dikaitkan dengan paparan matahari dalam jangka waktu yang lama dan dengan durasi yang lama juga.

 

 

Tempat Milia Paling Sering Muncul

Aku bakalan kasih tau juga nih ke kalian lokasi-lokasi atau empat tersering munculnya Milia yang paling banget sering muncul, yaitu :

1.     Di bawah mata

2.     Di dahi

3.     Di kedua pipi

4.     Disekitar mulut

5.     Di hidung

 

Dan yang kayak tadi aku bilang Milia yaitu kan banyak banget orang salah kalau misalnya dia dianggap seperti komedo atau juga kutil nah padahal memang sebenarnya Milia itu bentuknya memang seperti komedo dia itu tidak berwarna dan yaitu berbentuk bintil dan dia itu enggak ada warna kemerahan sama sekali, itu sebabnya Kenapa Milia sering banget disalahartikan sebagai komedo atau kutil.

 

Selain itu Milia ya ini yang perlu banget diperhatikan dia itu enggak punya mata ya, jadi kalau saya dia bintil itu dia enggak ada mata di atasnya jadi sampai ada yang salah lagi bilang Milia yaitu sebagai jerawat karena memang Milia itu tidak ada kemerahan dan juga tidak ada matanya.

 

Sebenernya Milia yaitu tuh paling banyak muncul itu saat bayi tapi tidak menutup kemungkinan kalau Milia ini bisa muncul di usia yang lebih dewasa. Bila kalian itu mengalami beberapa yang aku sebutin diawal tadi misalnya seperti pernah luka atau pernah trauma di wajah atau kalian habis melakukan tindakan dan juga kalian sering banget terpapar matahari dalam jangka waktu yang lama nah tapi sebenarnya.

 

 

Cara Mengobati Milia

Milia tuh bisa hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu sampai bulan, itu tergantung dari masing-masing orangnya ada juga beberapa Milia yang mungkin tidak akan hilang dalam waktu minggu atau bulan dan dia nggak bisa hilang dengan sendirinya dan perlu melakukan tindakan untuk menghilangkan Milia tersebut.

 

Untuk menghilangkan Milia itu yang pertama kalian bisa menggunakan produk-produk yang mengandung :

1.     Exfoliant atau misalnya yang mengandung AHA BHA atau PHA

2.     vitamin A atau turunannya yaitu misalnya retinol dan lain sebagainya.

3.     Kalian juga bisa konsultasi ke dokter untuk diberikan resep atau melakukan tindakan tertentu untuk menghilangkan Milia.

 

 

Cara Mencegah Milia

Selain itu kalau kalian nanya nih Gimana sih caranya mencegah Milia supaya nggak muncul diwajah kita ada tiga langkah mudah yang kalian bisa lakuin untuk mencegah timbulnya Milia, yaitu :

 

1.     Rajin mencuci wajah

Kalian itu harus sangat rajin bersihin wajah kalian seperti yang aku udah sebutin di awal kalau salah satu penyebab Milia itu adalah karena penumpukan dari sel-sel kulit mati yang dimana kalian bisa menghindari penumpukan dari sel-sel kulit mati dengan melakukan pembersihan wajah yang baik dan benar.

 

2.     Gunakan produk kandungan AHA, BHA, PHA

Kalian bisa mencegahnya dengan menggunakan produk-produk untuk mengeksploitasi kulit kalian yaitu dengan menggunakan produk dengan kandungan AHA, BHA, atau PHA tapi memang dengan harus dosis yang pas untuk kalian jangan sampai kalian sering-sering eksfoliasi kulit tapi malah membuat kulit kalian iritasi.

 

3.     Gunakan sunscreen

Ketiga itu adalah menggunakan sunscreen seperti juga yang tadi sudah aku sebutin di awal bahwa penyebab paling banyak dari Milia itu adalah paparan dari sinar matahari dalam jangka waktu yang lama jadi salah satu yang bisa mencegah mi yaitu adalah dengan menggunakan sunscreen dan kalian wajib banget buat re apply sunscreen kalian setiap dua jam supaya kulit kalian bisa benar-benar terlindung dari sinar UV.

 

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yaa, makasih sudah mampir di artikel aku, dan sampai ketemu di artikel aku selanjutnya yaa.