Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini Penyebab Maskne dan Cara Mencegahnya

 


Emang bisa ya jerawatan karena pakai masker terus-terusan ? buat kalian yang mau tahu apa itu maskne atau penyebab jerawat karena penggunaan masker di wajah, lanjut terus yaa baca artikel ini.

 

 

Apa itu maskne

Hari ini aku bakalan bahas satu topik yang udah banyak banget di request, yaitu tentang jerawatan karena penggunaan masker. Jerawatan karena penggunaan masker atau yang biasa disebut sebagai maskne itu adalah suatu kondisi dimana kalian akan muncul jerawatan atau bruntusan.

 

Jadi maskne ini bisa muncul jerawatan pada daerah yang tertutup masker yaitu di daerah hidung, daerah pipi, daerah sekitar mulut dan juga sekitar dagu.

 

 

Penyebab maskne

Banyak banget yang bertanya-tanya kenapasih kok pakai masker malah muncul jerawatan. Jadi beberapa penyebab yang akan aku sebutin ini memang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada daerah yang tertutup masker itu karena :

 

1.     Gesekan

saat kalian menggunakan masker, daerah mulut kalian daerah pipi dan daerah hidung kalian tuh akan tertutup, terutama daerah hidung dan juga dagu yang mungkin akan terkena masker lebih keras karena pakai yang karet. Itu akan menimbulkan gesekan pada daerah di wajah kalian, gesekan dari masker tersebut itu akan menyebabkan kulit kalian mengalami iritasi dan gesekan tersebut akan merusak skin barrier kulit kalian atau yang kita sebut sebagai perlindungan kulit kalian yang bagian luarnya akan rusak karena adanya gesekan tersebut.

 

2.     Panas

Penyebab yang kedua kenapa jerawatan karena penggunaan masker itu adalah karena panas. Saat kalian menggunakan masker udara di dalam masker kalian itu akan lebih panas. Panas tersebut akan meningkatkan inflamasi atau peradangan dan juga akan meningkatkan produksi sebum atau minyak di wajah kalian.

 

Poduksi minyak yang berlebihan ini dan juga peningkatan dari reaksi inflamasi ini akan menyebabkan munculnya jerawat di wajah kalian.

 

 

3.     Kotoran

Kotoran yang terperangkap di dalam kulit kalian ketika kalian itu mungkin ada dalam kondisi yang kotor di daerah mulut dan hidung kalian lalu tertutup masker dalam waktu yang lama itu akan menyebabkan kotoran tersebut itu akan tersumbat di pori-pori kalian dan juga bisa menyebabkan akhirnya kalian muncul jerawat.

 

4.     Kelembaban

Kelembaban yang tinggi, seperti yang kalian tahu dengan menggunakan masker berjam-jam itu akan meningkatkan kelembaban daerah mulut dan hidung. Yang mana kelembaban yang tinggi ini akan sangat sangat berperan dalam munculnya jerawat. Selain itu kelembabanyang tinggi juga akan menyebabkan meningkatnya iritasi pada wajah kalian.

 

 

Tips mencegah maskne

Karena dimasa pademi ini penggunaan masker itu adalah suatu keharusan jadi aku bakalan coba kasih tips buat kalian gimana sih supaya menghindari kemungkinan munculnya jerawat karena penggunaan masker.

 

1.     Gunakan moisturizer

Tetap gunakan moisturizer, kenapa ? karena dengan menggunakan moisturizer maka skin barrier kalian atau perlindungan kulit kalian yang paling atas itu akan tetap ada dan tidak akan rusak karena penggunaan masker. Jadi kalian wajib banget untuk tetap menggunakan moisturizer pada wajah kalian.

 

2.     Jangan pakai masker bahas keras

Jangan menggunakan masker dengan bahan yang keras, jadi bahan yang keras ini tentunya akan menyebabkan gesekan yang lebih keras juga pada wajah kalian dimana gesekan yang keras ini juga akan meningkatkan iritasi di wajah kalian.

 

3.     Gunakan bahan katun

Kalau kalian menggunakan masker yang kain gunakanlah masker kain dengan bahan yang katun.

 

4.     Selalu cuci masker

Lalu yang keempat tipsnya adalah cuci masker kalian setelah kalian gunakan supaya masker kalian tetap dalam keadaan yang bersih ketika kalian akan  menggunakannya lagi. Jadi jangan biarkan masker kalian dalam keadaan yang kotor.

 

Misalnya sudah kalian pakai hari ini terus kalian enggak cuci, lalu kalian pakai dihari berikutnya itu adalah suatu kesalahan. Jadi kalian harus banget wajib mencuci masker kalian Setelah kalian menggunakannya.

 

5.     Hindari make up

Tips yang selanjutnya itu adalah menghindari penggunaan make up, kalian juga diusahakan untuk menggunakan Skin Care dengan leher yang lebih sedikit atau kalian jangan menggunakan Skin Care sampai berlapis-lapis supaya menghindari kulit kalian dari kelembaban yang sangat-sangat tinggi kalau kalian menggunakan masker nantinya.

 

6.     Gunakan pimple patch

Lalu yang selanjutnya kalau misalnya kalian memang sudah ada jerawat di wajah kalian diusahakan untuk menggunakan pimple patch atau patch untuk menutupi jerawat kalian supaya jerawat kalian tidak bergesekan dengan masker kalian yang akan menyebabkan proses peradangannya akan lebih parah

 

 

Jangan terlalu terfokus karena penggunaan masker yang menyebabkan jerawat ini karena seperti yang kalian tahu bahwa jerawat itu bukan hanya disebabkan karena penggunaan masker tapi jerawat juga bisa disebabkan karena beberapa hal lain seperti pola makan pola tidur stres dan juga hormonal. Meskipun memang ada kemungkinan dengan adanya penggunaan masker dan munculnya jerawat di wajah.